AS Veto Tak Akui Hak Israel Membela Diri

Menurut laporan media asing pada 18 Oktober waktu setempat, sidang DK PBB melakukan pemungutan suara soal resolusi usulan Brasil, yang menyerukan untuk mengutuk serangan Hamas, mendesak semua pihak agar mematuhi hukum internasional, melindungi warga sipil dan infrastruktur sipil, memberikan layanan dasar kepada warga sipil, mencabut perintah yang mewajibkan warga untuk mengungsi dari Jalur Gaza utara, dan memastikan bantuan kemanusiaan.

AS adalah satu-satunya negara yang memberikan suara menentang. Namun sebagai salah 1 dari 5 anggota tetap DK PBB, suara AS dihitung sebagai veto. AS beralasan resolusi tersebut tidak menghormati hak Israel untuk membela diri.

Sebelumnya dalam sidang DK PBB 16 Oktober lalu, negara-negara Barat juga menolak resolusi usulan Rusia untuk gencatan senjata Israel-Hamas, agar bantuan kemanusiaan bisa masuk ke Gaza. Pihak Barat beralasan resolusi yang diusulkan Rusia tidak mengutuk serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023.

Setelah serangan kelompok militan Hamas 7 Oktober lalu meningkat menjadi perang terbuka dengan Israel, Presiden AS Joe Biden tiba Tel Aviv pada Rabu 18 Oktober 2023. Kedatangan Biden ini untuk menunjukkan dukungan kepada Israel.

Tak Akui Hak Israel Membela Diri

Biden tampaknya memihak Israel, yang menyangkal bertanggung jawab atas ledakan besar di sebuah rumah sakit di Gaza.

Seperti diketahui, ledakan besar yang mengguncang RS Al-Ahli di Gaza pada Selasa malam telah mengakibatkan kerusakan parah dan menewaskan ratusan orang, serta memicu protes di seluruh kawasan dan membatalkan pertemuan puncak Biden clickbet88.net dengan para pemimpin regional.

Setibanya di Tel Aviv untuk menunjukkan dukungan kepada PM Israel Benjamin Netanyahu. Presiden AS Joe Biden mengatakan dia ‘sangat sedih dan marah’ atas ledakan rumah sakit tersebut.

Biden juga mengatakan bahwa berdasarkan informasi yang Ia terima, ledakan tersebut diakibatkan oleh roket yang ditembakkan oleh kelompok teroris di Gaza.